THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 23 Februari 2010

Situasi Masa Sekarang

Situasi sekarang

The present situation of the churches is partly determined by their mutual relations, and partly by their relation to government and Islam. Situasi sekarang dari gereja-gereja sebagian ditentukan oleh hubungan timbal balik mereka, dan sebagian oleh pemerintah dan hubungannya dengan Islam. Originally, Christianity was planted by the Dutch Ref. Awalnya, Kristen ditanam oleh Belanda Ref. The RMG, with its mixed Ref-Luth background, brought a Lutheran strain to North Sumatra; the Dutch Mennonites founded churches in Central Java and the Methodists in Sumatra. RMG, dengan campuran latar belakang Ref-Luth, membawa Lutheran galur untuk Sumatera Utara; Mennonit Belanda didirikan gereja-gereja di Jawa Tengah dan Methodis di Sumatra. In 1950 churches of these denominations founded the Council of Churches in Indonesia ( Dewan ; after 1984, [Persekutuan] Gereja-Gereja di Indonesia , DGI/PGI); in 1997 the membership of the 70 affiliated churches totalled more than 10.5 million, of whom 2.5 million were in the HKBP alone. Pada tahun 1950 gereja-gereja dari denominasi ini mendirikan Dewan Gereja-gereja di Indonesia (Dewan; setelah 1984, [Persekutuan] Gereja-Gereja di Indonesia, DGI / PGI); pada tahun 1997 keanggotaan gereja-gereja berafiliasi 70 berjumlah lebih dari 10,5 juta, di antaranya 2,5 juta berada di HKBP sendirian. In 1984 the PGI accepted a Common Understanding of the Christian Faith ( Pemahaman Bersama Iman Kristen , PBIK) consisting of five articles. Pada tahun 1984 PGI menerima common Pemahaman tentang Iman Kristen (Pemahaman Bersama Iman Kristen, PBIK) yang terdiri dari lima artikel. The member churches of the PGI have formed regional councils of churches ( Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Wilayah , PGI-W), which in one case (Northern and Central Sulawesi) has developed into a synod ( Sinode Am Gereja-Gereja Sulawesi Utara/Tengah , SAG). Di gereja-gereja anggota PGI dewan daerah telah membentuk gereja-gereja (Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Wilayah, PGI-W), yang dalam satu kasus (Utara dan Sulawesi Tengah) telah berkembang menjadi sebuah sinode (Sinode Am Gereja-Gereja Sulawesi Utara / Tengah, SAG).
The Indonesian Bapt (± 100,000 baptized members) are in part affiliated with the Indonesian Baptist Alliance ( Gabungan Gereja Baptis Indonesia , GGBI). The Bapt Indonesia (± 100.000 dibaptis anggota) berada di bagian berafiliasi dengan Aliansi Baptis Indonesia (Gabungan Gereja Baptis Indonesia, GGBI). Most churches issuing from CMA mission work have united in the Gereja Kemah Injil Indonesia , whose six member churches total about 500,000 members, more than half of whom are in Irian Jaya. Kebanyakan gereja keluar dari pekerjaan misi CMA telah bersatu dalam Gereja Kemah Injil Indonesia, yang enam anggota gereja-gereja total sekitar 500.000 anggota, lebih dari separuh di antaranya adalah di Irian Jaya. Between 1930 and 1970 Pentecostalism experienced a number of schisms. Antara 1930 dan 1970 Pentakostalisme mengalami sejumlah perpecahan. In 1979 the Indonesian Pentecostal Council ( Dewan Pentakosta Indonesia , DPI) was founded. Pada tahun 1979 Dewan Pantekosta di Indonesia (Dewan Pentakosta Indonesia, DPI) didirikan. Very tentatively, the combined membership can be put at 1.5 to 2 million, of whom many are of Chinese descent. Sangat hati-hati, keanggotaan gabungan dapat diletakkan di 1,5 untuk 2 juta, yang kebanyakan adalah keturunan Cina. Advent (numbering about 200,000) and a number of independent bodies do not belong to any national church council. Advent (berjumlah sekitar 200.000) dan sejumlah badan independen tidak menjadi anggota dewan gereja nasional apapun. It should be noted that the lines between the denominations are not rigid. Perlu dicatat bahwa garis-garis di antara kelompok-kelompok keagamaan yang tidak kaku. Within the PGI members now there are also churches of Bapt, CMA, and Pent stock. Dalam anggota PGI sekarang ada juga gereja-gereja Bapt, CMA, dan Pent saham. Moreover, since the 1970s an Evangelical movement has developed, mainly stimulated from America, which has led to the founding of a number of new church bodies and of an Indonesian Evangelical Fellowship ( Persekutuan Injili Indonesia , PII), which also counts many CMA and Pent churches among its members. Selain itu, sejak tahun 1970-an sebuah gerakan Injili telah dikembangkan, terutama dirangsang dari Amerika, yang telah mengakibatkan pendirian sejumlah gereja baru tubuh dan dari Persekutuan Injili Indonesia (Persekutuan Injili Indonesia, PII), yang juga menghitung banyak CMA dan Pent gereja-gereja di antara para anggotanya.
In the '50s and '60s, the main ecumenical challenge faced by Indonesian Protestantism was the effort to bring together the DGI member churches into one church body. Pada '50-an dan 60-an, ekumenis tantangan utama yang dihadapi oleh Protestantisme Indonesia adalah upaya untuk menyatukan gereja-gereja anggota DGI gereja menjadi satu tubuh. That effort resulted in the renaming of the “Council” ( Dewan ) as “Fellowship” ( Persekutuan ) in 1984, but it did not really change the relationship between the member churches. Usaha yang mengakibatkan perubahan nama "Dewan" (Dewan) sebagai "Fellowship" (Persekutuan) pada tahun 1984, tetapi tidak benar-benar mengubah hubungan antara gereja-gereja anggota. In the meantime, no attempts were made to realize church union between single churches. Sementara itu, tidak ada usaha-usaha dilakukan untuk mewujudkan persatuan antara gereja satu gereja. On the contrary, a number of regional churches (North Sumatra, South Sulawesi, North Sulawesi) split, usually on ethnic or regional lines. Sebaliknya, sejumlah gereja-gereja daerah (Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara) split, biasanya pada garis etnis atau regional. After 1970 a theological reorientation in DGI/PGI circles and the increasing influence of American evangelicalism caused a growing antithesis between evangelicals and ecumenicals, which makes itself felt in evangelization, literature work, and theological education, even though the Indonesian cultural and religious context does not seem to warrant such an American-style antithesis. Setelah tahun 1970 di reorientasi teologis DGI / PGI lingkaran dan meningkatnya pengaruh evangelisme Amerika menyebabkan semakin antitesis antara evangelis dan ecumenicals, yang membuat dirinya merasa dalam evangelisasi, karya sastra, dan pendidikan teologi, meskipun Indonesia konteks budaya dan agama tidak tampaknya untuk menjamin semacam antitesis gaya Amerika. Moreover, the charismatic movement influences a number of traditional churches and eventually generates tensions that threaten to cause them to break up. Selain itu, pengaruh gerakan karismatik sejumlah gereja-gereja tradisional dan akhirnya menghasilkan ketegangan yang mengancam akan membuat mereka putus. Relations between Prot and RCath, which were strained until the '60s, have improved. Hubungan antara Protein dan RCath, yang tegang hingga '60-an, telah meningkat. There is a common Bible translation and regular consultation between PGI and the Conference of Bishops, but no organized cooperation. Ada terjemahan Alkitab yang umum dan rutin konsultasi antara PGI dan Konferensi Uskup, tapi tidak terorganisir kerjasama. Twenty-six Indonesian churches are members of the WCC, 30 have joined the CCA, 28 the WARC, and 8 the LWF. Dua puluh enam gereja-gereja Indonesia merupakan anggota WCC, 30 telah bergabung dengan KPK, 28 yang WARC, dan 8 yang LWF.
Relations with the government are partly determined by the Christians' minority position. Hubungan dengan pemerintah yang sebagian ditentukan oleh orang Kristen 'posisi minoritas.Because of this the churches tend to conform to the government policy of the moment, even to the point of making “revolution” a theological issue in the early 1960s and doing the same with “development” in the 1970s. Karena gereja-gereja ini cenderung menyesuaikan diri dengan kebijakan pemerintah saat ini, bahkan sampai membuat "revolusi" isu teologis pada awal tahun 1960-an dan melakukan hal yang sama dengan "pembangunan" pada tahun 1970an. In the 1980s there was a clash with the CCA over the East Timor issue. Pada 1980-an ada bentrokan dengan KPK atas masalah Timor Timur. In 1984-1985 all churches and church organizations had to insert a formula into their church order or statutes recognizing the Pancasila as the sole foundation for the life of the nation. Pada 1984-1985 semua gereja dan organisasi gereja harus memasukkan rumus ke dalam tata gereja mereka atau undang-undang mengakui Pancasila sebagai asas tunggal bagi kehidupan bangsa. On daily matters the churches communicate with the government through the Ministry of Religion ( Departemen Agama ),which has departments for each of the five recognized religions; the Minister is always a Muslim. Masalah sehari-hari gereja-gereja berkomunikasi dengan pemerintah melalui Departemen Agama (Departemen Agama), yang memiliki departemen untuk masing-masing dari lima agama yang diakui; Menteri selalu seorang Muslim.
Relations with Islam are uneasy. Hubungan dengan Islam yang gelisah. In 1996 and 1997 existing tensions came to the surface in riots on Java and West Kalimantan. Pada tahun 1996 dan 1997 ada ketegangan muncul ke permukaan dalam kerusuhan di Jawa dan Kalimantan Barat. Islam has long considered Christianity the “religion of the Dutch,” and Muslim fears that the process of Westernization will bring Christianization in its trail were fueled by the large numbers of Muslim youth in Christian schools converting to Christianity in the 1970s and 1980s. Islam telah lama dianggap Kekristenan sebagai "agama Belanda," dan Muslim kekhawatiran bahwa proses pembaratan akan membawa Kristenisasi dalam jejak yang didorong oleh sejumlah besar pemuda Muslim di sekolah Kristen mengubah menjadi Kristen di tahun 1970-an dan 1980-an. Christians tend to suspect the Muslims of striving for an Islamic state and do not appreciate that they may have to take a step back, now that Muslims are overcoming their disadvantage in education, economics, and politics. Kristen cenderung mencurigai kaum muslim berjuang untuk negara Islam dan tidak menghargai bahwa mereka mungkin harus mengambil langkah mundur, sekarang yang Muslim mengatasi kelemahan mereka dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan politik. In a minority situation Christians have problems in obtaining permission to use church buildings; where Christians are a majority, Muslim presence may be felt to be ostentatious. Dalam situasi minoritas Kristen memiliki masalah dalam memperoleh izin untuk menggunakan gedung-gedung gereja; di mana orang Kristen mayoritas, keberadaan Muslim dapat dirasakan untuk pamer. In recent years a significant number of Christian churches and other buildings have been destroyed by Muslim mobs, especially on Java; these incidents were more or less explicitly approved by part of the Muslim leadership. Dalam beberapa tahun terakhir sejumlah besar gereja-gereja Kristen dan bangunan lain telah dihancurkan oleh massa Muslim, terutama di Jawa; insiden ini lebih atau kurang eksplisit disetujui oleh bagian dari kepemimpinan Muslim. In Catholic East Timor, with its long history of armed resistance against the annexation to Indonesia in 1976, a mosque was destroyed, as well as several Prot churches, in an anti-immigrant riot. Dalam Katolik Timor Timur, dengan sejarah panjang perlawanan bersenjata terhadap aneksasi ke Indonesia pada tahun 1976, sebuah masjid hancur, dan juga beberapa gereja Prot, dalam kerusuhan anti-imigran. Very few Christians have a thorough theological knowledge of Islam, and dialogue on an academic and national level has hardly been practiced (Th. Sumartana). Sangat sedikit orang Kristen memiliki pengetahuan teologis yang menyeluruh Islam, dan dialog pada akademik dan tingkat nasional hampir tidak pernah dipraktekkan (Th. Sumartana). However, since 1945 Christians have earned their legitimate place as members of the nation, and the majority of people on both sides want to live together in peace. Namun, sejak 1945 orang Kristen telah mendapatkan tempat mereka yang sah sebagai anggota bangsa, dan sebagian besar orang di kedua belah pihak ingin hidup bersama dalam damai.

0 komentar: